MAK, Motor Nasional Asli Produksi Kalasan Yogyakarta

MAK, Motor Nasional Asli Produksi Kalasan Yogyakarta


Menggunakan sumber nasional

Banyak orang ngoceh soal produk nasional. Ada pabrikan baru mengklaim sebagai produksi nasional. Adalah PT Mega Andalan Motor Indonesia (MAMI) yang mengaku memproduksi motor nasional bernama Mega Andalan Kalasan (MAK).

Menurut President Direktur MAMI, A.S Tedjosiswojo sebagian besar komponen yang digunakan di Mojog atau motor Jogja ini memang dibikin di kawasan Kalasan. “Kami memiliki pabrik di wilayah itu. Para pekerja merupakan orang Indonesia dan bahan yang digunakan dari Indonesia,” ungkap bapak akrab disapa Tedjo ini.

Sebagian besar komponen seperti cover body, sasis atau rangka, swing arm, foostep, knalpot, sokbreker belakang, tuas rem asli bikininan Kalasan, Jogja.

“Di sini kami ingin menunjukkan bahwa sesungguhnya anak negeri ini mampu memproduksi sepeda motor. Negeri ini negeri yang besar. Kalau pesawat saja bisa bikin kenapa motor tidak? Dan inilah bukti bahwa kami putra Indonesia bisa memproduksi motor sendiri dan dipakai sendiri,” ungkap pria asli Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk saat ini produksi MAK memang belum besar. Setiap minggu pabrikan MAK baru mampu membuat 20-40 unit. Volume ini bisa saja ditingkatkan atau disesuaikan dengan pemesanan konsumen. “Untuk sementara produksinya hanya segitu. Walau sesungguhnya kami bisa memproduksi lebih dari 100 unit per minggu,” cuap Tedjo yang alumni atau pensiunan PT Astra Honda Motor (AHM).

Sementara ini, MAMI hanya memproduksi sesuai pesanan konsumen dari Provinsi Jogja dan sekitarnya. Dan awal Agustus 2011 lalu, mereka membuka dealer di Solo, Jawa Tengah. “Berikutnya akan dibuka di kota-kota besar lainnya di pulau Jawa,” jelas pria tinggi besar ini.

MAK tersedia dalam dua pilihan. Vipros X 110 CW dan Vipros X 125 CW. Untuk Vipros X 110 CW dibanderol Rp 9,45 juta dan Vipros X 125 CW dijual seharga Rp 9,9 juta on the road Jogja. Untuk sementara tersedia dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan biru.

“Kami memang baru memproduksi varian bebek. Untuk harga, sangat kompetitif. Di bawah Rp 10 juta. Karena memang diharapkan kalau harga jual motor MAK ini terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Untuk kualitas mesin, kami memberi garansi selama tiga tahun atau 30.000 km.” mantab Tedjo .

Selain garansi mesin, MAMI juga memberikan garansi kelistrikan selama satu tahun atau 10.000 km. Serta jaminan ketersediaan suku cadang.

Sipnya, buat konsumen yang ingin mencoba motor langsung pihak MAMI telah menyediakan tempat test ride yang berlokasi di belakang gedung dealer.

“Mungkin kami satu-satunya dealer di Indonesia yang dilengkapi fasilitas test ride. Fasilitas ini sangat penting buat konsumen yang ingin mencoba motor sepuasnya” bangga Tedjo yang beralamat di Jl. Raya Solo, Km.12, Jogja Indonesia. (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s