Panduan Memilih Part Seken, Cermat Sebelum Beli

Panduan Memilih Part Seken, Cermat Sebelum Beli

Barang seken pun terkadang masih jadi primadona. Terutama, bagi biker yang sedang lagi tongpes alias kantong kempes. So, barang seken bisa jadi pilihan buat kembalikan tunggangannya ke arah sempurna.

Bisa seperti itu, karena harga jual yang ditawarkan part seken tentu jauh lebih murah dari yang baru. Wong namanya juga barang bekas pakai. Tapi, sebelum memilih, banyak hal kudu diperhatikan.

Jangan sampai, nantinya malah bikin kantong makin jebol. Ketika memilih barang seken pun harus cermat. Buat beberapa part, bisa dipantau kelayakannya lewat kasat mata. Tapi, biar lebih mantap, ada juga butuh alat bantu.

Yukz, cermati!


Lihat Keropos, Cakram Pakai Kaca

Lihat Keropos

Cara mendeteksi pelek jari-jari, lihat dampak dari karat pelek yang ada didalam pelek. Sebab, karat akan akibatkan keropos. “Biasanya banyak terdapat di bagian dalam bibir pelek dan dekat pentil. Karena air sering hinggap di bagian itu,” jelas Dina Mardiana alias Endog.

Lalu, buat ketahui pelek masih presisi atau tidak bisa pakai bantuan kaca atau ubin. Tapi sarannya, lebih baik kaca. Karena rata permukaan kaca, lebih presisi.

Kini, letakan pelek di atas kaca atau ubin. Setelah itu, lihat sekeliling bibir pelek yang bersentuhan permukaan. Jika ada celah atau tidak rata, maka dipastikan pelek peyang.

Pelek palang, karena terbuat dari bahan aluminium maka tak alami keropos akibat karat. Jadi, pengecekan fokus di sekitar bibir pelek dan teromol. Tak lupa, pantau kelayakan rumah laher. Goyang atau tidak.

Buat pelek belakang yang aplikasi rem teromol, cek juga permukaannya. Silakan diraba pakai tangan buat pastikan tidak ada lekukan. Sebab jika ada, pengereman jadi tak pakem. Lihat juga, tebalnya sisi teromol buat kampas rem. Kalau sudah terlalu dalam, lebih baik dihindari.

Cakram Pakai Kaca

Raba permukaan cakram yang sering bergesekan kampas rem. Jika jejaknya sudah terlampau dalam, maka baiknya dihindari. Sebab nantinya kampas bakal tak sempurna menekan cakram. Sehingga, pengereman tak maksimal.

Selain itu, cek juga ratanya permukaan cakram. Jangan sampai dapat cakram yang peyang. Pengecekan bisa pakai kaca atau keramik lantai yang dimensinya lebih besar dari disc brake. Jika cakram bagus, maka tak ada celah antara cakram dan kaca.

“Lihat cakram orisinal atau tidak, bisa dari merek yang ada. Misalnya cakram orisinal buat Yamaha Scorpio keluaran 2005. Tercetak tulisan Sunstar,” jelas Dina Mardiana dari kios Diamor di Jl. Hasyim Ashari No. 36, Ciledug, Tangerang. Telp. (021) 608-52555.


Perhatikan AS Sok, Perhatikan Pengait

Perhatikan As Sok

Ketika pilih sok, tak ada salahnya buat menekannya. Karena dari cara ini, bisa dipantau performa sok. Masih berfungsi memantul lembut atau justru punya tendangan balik cepat. “Tapi, bisa saja ketemu sok yang sudah alami servis. Mengeceknya, lihat penutup tabung sok. “Jika kondisinya tak lagi mulus, bisa saja ada indikasi barang servisan,” jelas Kewong.

Buat sok depan, perhatikan di bagian as sok. Baiknya hindari sok yang punya goresan atau pengelupasan lapisan krom. Sebab, kelamaan bisa bikin sok bocor akibat rusaknya sil karena tergerus. “Pengecekan sok depan, bisa dibilang lebih mudah. Karena as sokbreker mudah terlihat jelas bila ada lecet atau gompal. Kalau as sok belakang, terhalang per,” tambah kewong.

Perhatikan Pengait

Memilih bodi part, juga musti lebih teliti. Jangan cuma lihat mulus atau tidaknya. Sebab, pengait alias kancing kudu diperiksa. Sebab jika kondisi kancing tak layak, banyak efek bisa ditimbulkan. Misalnya, timbul suara alias noise karena getaran.

Tak ada salahnya juga cek lewat warna bodi. Karena banyak bodi seken yang bekas dicat ulang karena cat sebelumnya sudah pudar atau banyak lecet. Selain itu, pastikan juga kalau bodi part memang buatan pabrikan motor. Sebab, ada juga bodi part KW.

“Biasanya barang Cina atau lokal, ketika dipasang banyak dudukan baut atau kancing yang tidak presisi, meski harganya murah,” tambah Yusuf Bactiar dari salah satu kios part seken di Jl. Hasyim Ashari, Rawa Kambing, Ciledug, Tangerang. Telp. (021) 997-09848.
(motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s