Pantangan Saat Ganti Oli Mesin, Sepele Tapi Penting

Pantangan Saat Ganti Oli Mesin, Sepele Tapi Penting

Ganti oli adalah salah satu perlakuan yang sering dianggap sepele. Meski bisa dilakukan sendiri, tapi jangan asal! “Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mengganti oli motor,” buka Aris, mekanik AHASS Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dari pada salah dan menjadi petaka, mending kita kupas satu persatu hal yang tidak boleh dilakukan saat mengganti oli. “Yang pertama adalah membuka baut pembuangan oli pada saat kondisi mesin masih panas,” terang Aris.

Sebaiknya, mesin dibiarkan menjadi dingin terlebih dahulu. “Tujuannya agar saat membuka baut oli tidak slek. Tujuan lainnya, supaya oli lebih banyak turun ke bagian crankcase,” tambah pria ramah ini. Ketika oli sudah turun, harapannya mampu mengurangi jumlah oli kotor yang tertinggal di dalam mesin.

Ketika hendak menutup kembali baut olinya pun harus hati-hati. “Jangan sampai ring tembaga atau ring almunium tertinggal,” bebernya. Kalau sampai tertinggal bukan tidak mungkin akan terjadi kebocoran oli mesin.

“Serta berhati-hati pada saat memasang baut oli jangan sampai miring. Pakai tangan dulu sampai baut oli sulit untuk diputar, lalu lanjut dengan menggunakan kunci,” wantinya. Kalau sampai slek bisa repot bro! Harus turun mesin buat membuat drat baru.

Nah setelah baut oli terpasang dan sudah dikencangkan, tinggal tuang oli baru ke dalam mesin. Ingat takarannya harus sama dengan yang tertera pada bak kopling. Pada tulisan sebelumnya pernah dilakukan tes pada mesin yang menggunakan oli terlalu banyak. Hasilnya klik di sini , power malah ngedrop!

Sepele, tapi hati-hati ya! (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s