Bikin Soket Charger Aki, Tinggal Colok Saja!

Bikin Soket Charger Aki, Tinggal Colok Saja!

Terkadang ketika habis balap, kondisi battery motor alias aki kerap dilakukan pengisian ulang. Tentunya, lewat charger aki. Jadi, kondisi aki nantinya akan kembali fit untuk dipakai di race atau event berikutnya.

Tetapi, untuk melakukan proses ini, tentu banyak butuh proses. Artinya, aki kudu dilepas dari dudukannya. Atau, buka jok pacuan. Nah, ada caranya biar enggak direpotkan oleh proses ini. Sobat cukup bikin soket saja dari aki.

“Jadi, kalau posisi aki tersembunyi atau mau tersimpan di balik bodi pun enggak masalah. Hanya tinggal sambung soket saja,” ujar Nur Aimin alias Boday dari JP Racing di Jl. Cendrawasih No. 6E-F, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Cara bikinnya mudah. Pertama, tentukan posisi aki akan ditaruh dimana letaknya. Setelah itu, siapkan kabel. Kabel yang digunakan bisa yang biasa dipakai buat kabel lampu. Panjang kabel disesuaikan dengan jarak antara posisi aki hingga letaknya soket yang diinginkan.

Kalau banyaknya kabel, tergantung soket yang dipakai. Mau pakai yang soket dua kabel atau satu kabel. “Tapi, baiknya pakai yang dua kabel. Jadi, arus listrik bisa cukup maksimal,” saran Boday.

Kini, sambungkan kabel ke terminal positif aki (+). Jika sudah, sambungkan kabel itu ke soket. Kini bikin hal yang sama untuk di kabel charger aki. Tentunya di kabel arus positif juga.

Kabel positif diberikan soket agar nantinya soket itu langsung disambungkan ke soket kabel yang dari aki. Sedang untuk arus negatif alias masa (-), tidak perlu dibuatkan soket lagi.

“Kalau untuk masa, tinggal sambungkan ke sasis atau baut dudukan mesin saja. Itu sudah cukup kok,” timpal mekanik berdarah Betawi ini. Nah, itu saja caranya. Mudah dong? Jadi, enggak perlu repot buka jok atau lepas aki lagi deh. Irit soal waktu juga kan! (motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s