Honda CBR 250R, Kuda Besi Andalan Bocah 14 Tahun

Honda CBR 250R, Kuda Besi Andalan Bocah 14 Tahun

Di One Make Race Honda CBR 250R yang digelar bersamaan dengan seri balap Indospeed Race Series, terlihat sosok anak kecil jadi salah satu pembalapnya. Ya, masih kecil lah.. karena umur bocah ini baru 14 tahun.

Namun, Yogha Dio Syachputra, siswa SMP Diponegoro 1 Rawamangun, Jakarta Timur ini mampu bersaing dengan pembalap yang lebih senior dan sudah bertitel seeded. Di seri pertama, Yogha mampu finish ke 6 dari posisi start ke 12. Hemm.. dia sukses bersaing dengan 20 pembalap lainnya.

“Ini pertama kali saya balap pakai CBR 250R,” terang anak dari pasangan Suryono dan Dina Handayani ini. Ternyata ini bukan pertama kali Dio mengikuti balap, sejak umur 10 tahun sudah diceburin ikut balap resmi. Dan kini, namanya tercatat sebagai salah satu pembalap Motoprix bernanung di bawah bendera Honda Yonex NHK FIM Kawahara Racing Team yang tidak lain adalah tim milik ayahnya.

Tidak hanya Dio yang pertama kali merasakan CBR 250, Komeng, mekanik yang bertugas meracik tunggangannya ini juga pertama kali pegang motor injeksi, namanya juga pertama kali, ubahannya juga tidak banyak dimainkan. “Masih dalam proses awal main motor sport berteknologi Injeksi,” jelas Komeng merendah.

Bagian mesin ada sedikit ubahan, seperti durasi noken as yang diatur ulang. Komeng cukup mengubah durasi kedua noken as jadi 254 derajat. “Angkatan klep sekarang jadi 8,7 mm,” terangnya tanpa menjelaskan lebih rinci. Untuk Electronic Control Module (ECM) standar dipensiunkan dan diganti mengunakan Vortex.

Ledakan ruang bakar ditingkatkan dengan cara melepas dua lembar packing cylinder head, dari hasil hitungan kompresi sekarang jadi 11,7:1 cukup dipasok menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. Untuk urusan pelepas gas buang Komeng mempercayakan produk AHM.

Buat balap, urusan stabilitas juga pegang peranan. “Oli sok depan cuma diganti menggunakan Prima XP dengan SAE 20-50, untuk sok belakang cukup dibuat sedikit lebih keras,” urainya. Ok bro, ditunggu hasil baiknya untuk seri-seri kedepannya! (motorplus-online.com) 

Data Modifikasi
Ban Depan: Pirelli Diablo 120/60-17
Ban Belakang: Pirelli Diablo 150/60-17
Selang rem: Hel
Knalpot: AHM
ECM: Vortex
Steering Damper: Ohlins
Footstep: Custom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s