Motor

Ukur Rasio Kompresi

Untuk tahu kompresi caranya gampang,
tapi harus punya “buret” atau alat ukur cairan. atau bisa juga menggunakan alat suntikan untuk tinta printer.

Caranya :

1. Posisikan piston sedang top atau TMA (Titik Mati Atas), kemudian celah/jarak piston dengan boring ditambal gemuk. pasang kepala silindernya.
2. posisikan mesin berdiri dan suntikkan oli shockbreaker atau oli samping. dari situ akan ketahuan berapa CC ruang bakarnya, misalkan volume ruang bakar (Vrb) 10cc.
3. ketahui volume silinder, Misal volume silinder (Vs) hasil bore-up 130cc. berarti rasio kompresi (Rk) yaitu :

Vs + Vrb
Rk = ————————
Vrb130cc + 10cc
Rk = ———————- = 14
10cc

jadi, Rasio kompresinya 14:1
Sangat tinggi sekali, biar rendah, jenong piston harus dikurangi.

Rumus menghitung besar karburator

kursus private bayar ya …hehehe dandanin dl tuh mio dah batuk2 jg mw ngecengin org…hehehe
A = besar venture/diameter
B = angka ketetapan standar 0.65 s.d. 0.9
C = isi silinder
D = putaran maksimum mesin yang diinginkan

Contoh 1 :
Kenapa HV standar menggunakan NCV22
B = 0.65 s.d. 0.9
C = 108cc –> 0.108
D = +- 8000

A = B x √( C x D )
A = 0.77 x √( 0.108 x 8000 )
A = 22.633mm –> 22mm

Contoh 2 :
Diameter karburator yang cocok untuk mesin BUD 150
B = 0.65 s.d. 0.9
C = 150cc –> 0.15
D = +- 8000

A = B x √( C x D )
A = 0.77 x √( 0.15 x 8000 )
A = 26.673mm –>26mm tuh rumusnya belajar sndiri

 

Tips memilih sok YSS

sebagai referensi untuk shock YSS..
YSS Pro Z —> 250-280rb

Spoiler for yss pro z:


cukup empuk untuk harian performa diatas shock standar, harga lumayan murmer
max pake ban belakang uk.90/80 atau 90/90 (utk ban tertentu paspasan celah antara shock ama pinggir ban)

YSS Ping Series —> 250-300

Spoiler for yss ping series:


cukup empuk buat harian performa diatas shock standar, harga lumayan terjangkau..
plus : bisa disetel kerenggangan per -nya
minus : ukuran shock cukup lebar, max ban blkg uk.std (80/90)

YSS Z Series —> 475 an

Spoiler for yss z series:


banyak dipakai untuk road race karena performa untuk handling yang mumpuni dan stabil, tapi cukup keras jika di jalan berlubang tetapi stabil di kecepatan tinggi, namun jika disandingkan dengan shock standar, tentu lebih empuk Z series.
ban max uk.90/80 atau 90/90
kelebihan : bisa diatur kerenggangan per

YSS G Series —> 800-900 an

Spoiler for yss g series:


harga sebanding dengan kualitas.. banyak dipakai untuk road race karena handling yg stabil dan membantu kestabilan ban belakang dalam pengereman dan banyak digunakan di drag race, karena shock G series dapat meredam torsi awal yg besar pada motor sehingga ban belakang motor tetap menempel pada aspal dan tidak mudah wheelie.. mempunyai dua cara kerja, yaitu, pada saat ada cekungan yg kecil di jalan per shock yg renggang yg akan meredam shock, sedangkan pada saat melewati lubang yg besar dan keras, per shock yg rapat yg akan bekerja maksimal..
ban max uk.90/80 atau 90/90
plus:
-dapat di setel nitrogen dan per shock
-rebound cukup lambat
-stabil di trek manapun walau di jalur yg banyak lubang

referensi : pengalaman pribadi pakai shock YSS pro z, ping series, z series, n nyoba g series punya temen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s